RS Perkebunan dan Polres Jember Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Terbit pada Kamis, 31 Agustus 2017

RS Perkebunan Jember bersama Polres Jember menggelar Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing Gratis bagi penderita bibir sumbing di Kabupaten Jember dan sekitarnya. Operasi bibir sumbing ini secara resmi dibuka oleh kedua belah pihak pada hari Selasa (29/8) di Aula Poli Terpadu RS Jember Klinik.

Operasi bibir sumbing gratis ini dilaksanakan di Kamar Operasi RS Jember Klinik oleh dr. Ulfa Elfiah Sp.BP (RE), dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetika satu-satunya di kawasan Jember. Pasien bibir sumbing yang akan dioperasi dan lolos screening berjumlah 6 orang, terdiri dari 2 pasien anak-anak dan 4 pasien dewasa. Operasi berlangsung sampai hari Rabu (30/8).

Kepala Divisi Pemasaran dan Pengembangan RS Perkebunan Jember, drg. Dwi Lianasari, M.Si menyebutkan bahwa pelaksanaan bakti sosial ini adalah dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 sekaligus Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65. Operasi bibir sumbing ini rencananya akan terus berlangsung hingga akhir tahun 2017 dan menerima pasien penderita bibir sumbing dari Kabupaten Jember dan sekitarnya.

Peserta operasi bibir sumbing gratis ini rata-rata berasal dari keluarga tidak mampu yang hidup terpencil dan tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Jember dan masih belum tertangani secara medis. ”Kami telah mengerahkan seluruh jajaran Kepolisian di Kabupaten Jember yaitu sekitar 280 personel Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh desa untuk mencari pasien bibir sumbing,” jelas Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo.

Ditemui di sela-sela acara pembukaan operasi bibir sumbing gratis, dr. Anita Fadilah, Kepala Divisi Pelayanan Medis RS Jember Klinik menyatakan harapannya agar operasi bibir sumbing ini bisa bermanfaat bagi penderita, terutama bagi penderita bibir sumbing anak-anak. ”Anak-anak merupakan harapan dan generasi penerus bangsa. Semoga setelah operasi mereka bisa lebih percaya diri dan bergaul tanpa merasa malu dengan teman sebayanya,” tutur dr Anita.

Selain operasi bibir sumbing gratis, pada acara pembukaan bakti sosial tersebut diberikan pula bantuan santunan serta tali asih. (ADE_NMU, FIR_Sekper)

Posted in Berita

Terdapat 0 komentar

Silahkan tambahkan komentar